Analisis Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam Dalam Transaksi Jual Beli (Di Pasar Rakyat Pekkabata Kab Pinrang)

Penulis

  • A Rahmat Hidayat STAI DDI Pinrang Penulis
  • Mustamin B STAI DDI Pinrang Penulis
  • Andi Bisyriani STAI DDI Pinrang Penulis

Kata Kunci:

Consumer Behavior, Islamic Economics, Buying and Selling Transactions

Abstrak

This study aims to analyze the phenomenon of consumer behavior at Pekkabata Traditional Market by considering the principles of Islamic economics that influence their purchasing decisions. With this, it is expected to identify key factors that shape consumer shopping behavior in a context that is in accordance with sharia. This study uses qualitative descriptive research, namely a research approach that describes data in depth. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation, which are analyzed using qualitative descriptive methods.

The results of this study indicate that: 1) Consumer behavior in the Pekkabata market in conducting transactions has been carried out in accordance with Islamic law, where consumers carry out a fair, honest and non-harmful bargaining process for other parties. 2) Consumer behavior factors in the Pekkabata market are more influenced by cultural and personal factors, because consumer behavior tends to be sensitive to price due to limited income and consumers prefer affordable products according to their needs.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Adrian S.E., M.M., Christophorus dkk, perilaku konsumen, (malang : rena cipta mandiri, 2021).

Ahmad Ubaidillah, Ekonomi Islam Nusantara, (Lamongan : Nawa Litera Publishing, 2022).

Akramunnas, S.E, Syarifuddin, S.E, Ekonomi Islam Suatu Pengantar, (Kota Tasikmalaya : Edu Publisher, 2020).

Amelindh Vania, Rahmat Aji Nuryakin, Perilaku Konsumen, (Sumatera Barat : CV. Gita Lentera, 2023)

Anim purwanto, konsep dasar penelitian kualitatif teori dan contoh praktis, (Lombok tengah : pusat pengambangan pendidikan dan penelitian Indonesia, 2021).

Ayu nurul amalia, suyono,rian Arthur, penyusunan instrument penelitian konsep, teknik, uji validitas, uji reliabilitas, dan contoh instrument penelitian, (pekalogan : PT Nasya expanding management, 2023).

Azuar Juliandi, Dewi Andriani, Studi Perilaku Konsumen Penbankan Syariah, (Medan : Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmia Aqli, 2019).

Bahtiar Effendi, “Asas Akad Ekonomi Islam Perspektif KHES (Kompilasi Hokum Ekonomi Syariah)”, Jurnal Alwatzikhoebillah, Vol 8, No.2, Juni 2020

Dr. Rukin, S.Pd., M.Si, metode penelitian kualitatif edisi revisi, (Surabaya : CV. Jakad Media Publishing, 2021).

Dr. Rustiyarso, M.Si, Tri Wijaya, M.Pd, Panduan Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta : Noktah, 2020), h. 65

Dr. Sigit Herman, SE., M.Si, Amirullah, SE., M.M, Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif, (Malang : Media Nusa Creative, 2021), h.2

Dr. Sigit Herman, SE., M.Si, Amirullah, SE., M.M, Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif, (Malang : Media Nusa Creative, 2021)

Dr.R.A.Fadhallah, Wawancara, (Jakarta Timur : UNJ PRESS, 2021).

Dr.Zainal Efendi Hasibuan, MA, Surianti Siregar Dkk, Metodolodi Penelitian Pendidikan : Kualitatif, Kuantitatif, Kepustakaan, Dan Ptk, (kepanjen : AE Publising, 2024),h.44

Friskan Artaria, Prayetno Agustinus, Buku Ajar Perilaku Konsumen, (Jawa Tengah : PT. Nasya Expanding Management, 2021)

Gugus Kriswahyudi, “Membagun Kewirausahaan Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Srikandi : Journal Of Islamic Economic And Bangking, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022

Hasan syahrizal, M.Syahran Jailani, “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”, jurnal pendidikan, Sosial dan Humaniora, Vol 1, No.1 (2023), H. 17

Helaluddin Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif. (Tp.Sekolah Tinggi Theologia Jaffay.2019), h. 5-6

Henny Syapitri, Amila, Juneris, Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan, (Malang : Ahlimedia Press, 2020).

Indra Sholeh Husni, “Konsep Keadilan Ekonomi Islam Dalam System Ekonomi : Sebuah Kajian Konsepsional”,Islamic Economics Journal, Vol. 6, No.1, Juni 2020

Intan Indana Billah, Perbankan Syariah, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Permintaan Gadai Dengan Mediasi Perilaku Konsumen Pada Erahn.Id Malang”, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Jefri Putri Nugraha, M.Sc, Dian Alfiah, Dr. Gairah, Teori Perilaku Konsumen, (Jawa Tengah : PT. Nasyah Expanding Management, 2021)

La Ode Alimusa, Pengantar Bisnis Dan Lembaga Ekonomi Islam : Teori Dan Aplikasi Di Era Digital, (Jakarta : KENCANA, 2024)

Madudin Yuliadi, Ekonomi Islam Sebuah Pengantar, (Yogyakarta: LPPI, 2001)

Ningrum, R. P., Dakwah, F., Komunikasi, D. A. N., Islam, U., & Walisongo, N. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung. 4(2), 191–216.

Reka lusiana dewi, 14119164, Ekonomi Syariah, “Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Fasilitas Wi-Fi Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Café Brown Coffee Metro)”, IAIN Metro, 2019.

Umrati, Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan, (Makassar : Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020)

Widya Nengsuh, M. Fachri Adnan, “ Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Pelaksanaan Pelayanan Public Di Kelurahan Alai Parak Kopi Kota Padang”, Jurnal Ilmu Administrasi Public, Vol.2, No.1 Maret 2019

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-11