Analisis SWOT pada Produk KUR Syariah di PT. Pegadaian Syariah Kabupaten Pinrang

Penulis

  • A. Nur Hazizah STAI DDI Pinrang Penulis
  • Desy Arum Sunarta STAI DDI Pinrang Penulis
  • Andi Bisyriani STAI DDI Pinrang Penulis

Kata Kunci:

SWOT Analysis, Products, Sharia KUR, PT. Pegadaian Syariah

Abstrak

This study is entitled SWOT Analysis on Sharia KUR Products at PT. Pegadaian Syariah Pinrang Regency. The main objective of this study is to analyze SWOT on Sharia KUR products at PT. Pegadaian Syariah Pinrang Regency. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that 1) a financing mechanism based on sharia principles aimed at micro, small, and medium enterprises (MSMEs). The marketing strategy for this product is not too aggressive because it is widely known by customers as a product with low interest. However, there are several shortcomings, namely the absence of collateral in the loan, so that if there is arrears, the collection process becomes difficult. The main obstacle in submitting KUR is usually related to filing, such as incomplete business permits. 2) SWOT analysis is a strategic planning method used to evaluate Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats in a business, project, or organization. The demand for KUR is quite high with many enthusiasts and submission of files

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdul Wahid Mongkito, 2021 ‘Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro’, Robust: Research of Business and Economics Studies

Al-Quran dan Terjemahannya, (Cet I, Jakarta : PT. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an). (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)

Anisa Tumanggor, 2023 ‘Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro Di BSI KC Sibolga’ (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Anita Kristina, “Teknik Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif”, (Yogyakarta : Deepublish Digital, 2024)

Arinda Putri Sainuddin 2023, Pengaruh Pembiayaan KUR pada Nasabah BSI terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Parepare’ (IAIN PARE-PARE).

Bagas Junindra Putra, 2023 Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Semarang Banyumanik

Bayu Marutho, 2021 Analisis Strategi Produk Pembiayaan Cicil Emas berdasarkan Teknik Swot (Studi Kasus di Bank Syariah Mandiri KCP Kedoya Jakarta)

Daulay, Roudhoh Hayati. 2018 Analisis SWOT terhadap Perkembangan Usaha Kipang Desa Hutabaringin Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Diss. (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan

Desi Ivana Vita, 2019 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan pada Akad Murabahah di BRI Syariah KC Malang

Desi Safitri, 2023 Strategi Pemasaran dalam Produk Gadai Emas pada Pegadaian Syariah Tukmudal, (S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati)

Dr. Nova christian mamuaya,S.E., M.M, wahyuni, M.Pd., dkk, “metode penelitian kuantitatif”. (sumatera : azzia karya bersama, 2025)

Duwi Marwati, 2022 Analisis Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Pembiayaan Produk Kur Mikro IB di BSI KCP. Banyuwangi Genteng Kabupaten Banyuwangi, (Insitut Agama Islam Darussalam Blokangung Banyuwangi).

Ekky Suti Wibisono, 2019 ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah di Balongbendo’ (UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA).

Emma Risty Hamidah, 2023 ‘Efektivitas Peran Produk Pembiayaan KUR Syariah Di Pegadaian Syariah Se-Karesidenan Pati Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah’ (IAIN KUDUS).

Fauzi, Ahmad. 2002 Metodologi Penelitian. (Cet I, : CV. Pena Persada, Purwokerto Selatan.

Firda Umami, 2019 ‘Analisis Swot Terhadap Strategi Pelayanan Bmt Al Fath Ikmi Cabang Legoso Kota Tangerang Selatan’ (Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Syarif ).

Francis Hutabarat.

Hidayah, Ida, 2021 Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Pudanis di Kaliwungu), Solusi 19.1).h. 01.

Ishak S. Beno, S.Si., M.Sc, Ni Putu Ayu Wulan N, S.KM., Dkk, “Buku Ajar Biostatistik” (Jambi : Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024)

Ismail Razak, N Nirwanto, dan B Triatmanto, 2019 “Pengaruh Kualitas Produk

Jefry Tarantang, Maulidia Astuti, Annisa Awaliyah dan Medinah Munawaroh, 2019 Regulasi dan Implementasi Pegadaian Syariah di Indonesia, (Yogyakarta: K- Media).

Jovani Melisya Kalalo, Silcyljeova Moniharapon, dan Agus Supandi Soegoto, 2021 ‘Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Produk Amanah Pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Wonasa’, Jurnal EMBA, 9.1

Malik Ibrahim and Sitti Marijam Thawil, 2021 “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4, no. 1

Mardawani, “Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif” (Yogyakarta : Deepublish Publisher, 2020)

Mardawani, 2020 Praktis Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Deepublish Cv Budi Utama).

Mashuri Mashuri and Dwi Nurjannah, 2020 ‘Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing’, JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1.1

Metia Resky Oisina, 2018 Analisis Swot Strategi Pemasaran Produk-Produk Pembiayaan Pada Pegadaian Syariah, (Studi Pada Pegadaian Syariah Unit Way Halim)’ (UIN Raden Intan Lampung).

Misbachul Huda, 2019 ‘Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro Di Bri Syariah Kc Madiun’ (IAIN Ponorogo).

Muh. Reza, 2022 “Strategi Manajemen Keuangan terhadap Peningkatan Profitabilitas UPS Pegadaian Syariah Lanrisang Kabupaten Pinrang

Muhammad Anwar Fathoni, 2018 ‘Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam’, Jurisdictie, 9.1,

Muhammad Aufal Maram, 2019 ‘Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ngabul Jepara,

Muhammad Istan and Andriko Andriko, 2024 ‘Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Tampa Agunan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Di PT. Pegadaian Cabang Pembantu Curup’ (Institud Agama Islam Negri curup).

Muinatul Khoiriyah, 2019 Manajemen Risiko Pada Produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) (Studi Kasus di PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung), (IAIN Metro)

Nur Qadri, 2020 Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Market share di Pegadaian Syariah

Nurjana Rumengan, Agus S Soegoto, and Hendra N Tawas, 2023 ‘Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Amanah Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Istiqlal Manado’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11.02

Observasi di PT.Pegadaian Syariah Kabupaten Pinrang, pada tanggal 08 Februari 2025

Oisina, 2018 Analisis Swot Startegi Pemasaran Produk-Produk Pembiayaan pada Pegadaian Syariah (Studi pada Pegadaian Syariah Unit Way Halim) UIN Raden Intan Lampung

Olii, Dhea Nurinayati, 2023 Pengearuh Manajemen Sumber Daya Manusisa terhadap pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Istiqlal Manado, (Iain Manado)

Panji Fitrah Mulia Harahap, 2023 ‘Strategi BMT Insani Padangsidimpuan Dalam Memasarkan Produk Funding Dan Financing’ (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Putra, Muhamad Okto, Dwi Sulastyawati, dan Sineba Arli Silvia. 2020 Strategi Pemasaran Produk-Produk Gadai Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus di Pegadaian Syariah Unit Lubuk Linggau). Diss. Institut Agama Islam Negeri Curup

Rahayu Budiarto, 2020 ‘Efektivitas Implementasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Makassar Tamalanrea’ (Universitas Hasanuddin).

Ricki Febrian Syah, Muhammad Iqbal Fasa, dan Suharto Suharto, 2021 ‘Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia’, Al- Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah

Rizki, Atika. 2023 Analisa Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Akad Murabahah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bojonegoro dari Prespektif Syariah’ (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Rosdiana, 2022 ‘Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) Di Pegadaian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Unit Kota Beureunuen)

Rusnadia, 2024 Kamiruddin, and Rini Idayanti, ‘Strategi Pemasaran Produk Kur Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pt Pegadaian Syariah Unit Bone’, Journal of Comprehensive Science (JCS)

Safira Indira Putri, 2021 ‘Analisis SWOT terhadap Studi Kelayakan Pengajuan Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan’ (IAIN Ponorogo).

Setia Andika, 2023 Mekanisme Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Pengembangan UMKM pada Pt. Bank Rakyat Indonesia Unit Waya Halim

Sodikin Sodikin and Septi Gumiandari, 2021 “Analisis Swot Mutu Evaluasi Pembelajaran,” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan).

Taufan Hidayat, 2020 ‘Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian’, Jurnal Ilmu Manajemen, 17.2

Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana

Thian, Alexander 2022, Analisis Laporan Keuangan (Penerbit Andi).

Urip Sulistiyo, Ph. D, “Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif”, (Jambi : Salim Media Indonesia, 2019)

Wahyuni, Sinar. 2020 Penjualan Produk Gadai Syariah di Pegadaian Syariah,

Yeni Rokhilawati dan Ziyadatun Nia, 2020 Analisis Strategi Pelayanan Islami Pt. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Simpang Lima Di Kabupaten Banyuwangi, , Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 1.1 (2020).

Yogi Nurfauzi et al., 2023 “Literature Review: Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif,” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 4, no. 1 (2023):

Yulia lestari, 2020 Pengaruh Pembiayaan Mikro Lama Usaha Dan Lokasi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM Pada Bank Syariah Cabang Jombang

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-15