IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BTQ PESERTA DIDIK
Keywords:
pembelajaran al-Qur'an, metode wafa, kemampuan BTQAbstract
Pembelajaran Al-Qur’an salah satu pelajaran yang biasa membuat peserta didik jenuh dalam proses kegiatan pembelajaran berlangsung sehingga kurang yang meminatinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan BTQ peserta didik dengan menggunakan metode wafa dan implementasi peningkatan kemampuan BTQ peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode wafa dalam meningkatakan kemampuan BTQ peserta didik diperlukan tahapan dimulai dari perencanaan, mengkoordinasi, pelaksanaan dan evaluasi (2) Implementasi peningkatan kemampuan BTQ peserta didik menggunakan metode wafa ialah kemampuan belajar membaca Al-Qur’an peserta didik dilakukan dengan menerapkan pola pembelajaran tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi dan rayakan yakni biasa dikenal dengan singkatan tandur. Dalam penerapan menulis Al-Qur’an mengikuti panduan yang telah ditetapkan. sesuai buku panduan yang telah disediakan dalam pembelajaran Al-Qur’an metode wafa.